Pages

Jumat, 21 Maret 2014

menahan diri

menahan diri ini adalah ilmu yang paling susah setelah ikhlas. beneran deh. udah pernah nyobain dan ga tahan. itu juga salah satu sebab kenapa blog ini menjadi aktif kembali.

dulu, zaman pake friendster masih euforia dengan social media. apalagi waktu kenal friendster, umur juga lagi labil-labilnya. pokoknya semua foto yang paling bagus, lagi apa, dimana, dibuka blak-blakan di friendster sana. terus aku juga aktif menggunakan notes di friendster sebagai diary. efeknya, banyak yang invite dan ngajak kenalan. ya salah satunya pak suami (eh salah ya, yg ini aku yg invite suami duluan. hihi..). semua pertemananpun diiyakan. yg komen dan inbox dibalesin satu-satu. rajin ya? (rajin apa kurang kerjaan) termasuk inbox pak suami dulu yg ngajak kenalan dan langsung ngajak nikah (bener-bener deh. kalau ada yang bilang jodoh dari internet, aku dan suami satu contoh nyatanya)

terus dari friendster beralih ke facebook. cukup lama juga pake facebook ini dari 2008 sampe sekarang (hah sekarang masih pake facebook? iyes, sampe skrg masih rajin fb-an). awalnya sama kayak friendster, semua diapprove. semua dikomenin. dikit-dikit bikin status dan dikit-dikit upload foto. cuma semakin kesini, kok mulai kerasa ya efek negatifnya.

awalnya dari sering-sering blogwalking dan baca si blogger A perang di socmed dengan blogger B gara-gara apa gitu. terus jadi ikutan kepo, ngintipin socmed mereka. baca lagi sana sini, akhirnya nemu kesimpulan, dua orang ini ga saling kenal, ketemu di dunia maya, tapi perangnya kayak udah musuhan dari jaman dulu kala. terus ditambah lagi dengan status-status temen yang suka pake hashtag "nomention". apa ini,  maksudnya nyindir? kenapa? dan akhirnya saling perang dengan hashtag "nomention" tadi.

pernah ga aku dimusuhin lewat dunmay? pernah bok. bahkan pernah dibikinin satu tulisan khusus untuk nyindir aku. terus kesindir ga vi? enggak dong. orang akunya gaptek. belum ngerti kalau tulisan dan no mention tadi buat nyindir (huw..cupu). jadi baca tulisan orangnya, cuma senyum-senyum sambil mikir, ih kok mirip aku ya? haha... untung deh ya enggak ngerti kalau maksudnya nyindir. coba kalau ngerti, kukirim kapal selam sama roket deh ke orangnya. haha... (red-kapal selam dan roket di palembang itu nama makanan)

dulu, aku punya temen yang dikit-dikit update status hana hini hitu. berikut foto-fotonya lengkap. masih kurang, foursquare sekalian biar tau lokasinya dimana. awalnya sih seneng ya. apalagi yg diupdate tentang kehamilan setelah itu anaknya. waktu itu, aku sedang dalam masa penantian biar bisa hamil. dan yang terjadi adalah setiap dia update status, share foto tentang perutnya yang semakin gede dan foto anaknya yg udah lahir, aku sediih dong. sedihnya karena mupeng kakak.. eh ternyata bukan aku doang yang merasa gitu. salah satu temen yang belum hamil-hamil setelah bertahun nikah juga merasakan hal yang sama. yg ada malah aku dan si temen, jadi chatting sambil meratapi nasib. keliatan kan ya salah satu efeknya?

belum lagi kejahatan yang semakin berkembang. pernah baca dimana gitu, kalau penjahat sekarang mengintai lewat facebook juga. jadi dia tau muka kita, kerja dimana, rumah dimana, anak siapa, dan semua data dikumpulin jadi satu dan dibuat sebagai modus kejahatan. apalagi pernah liat temen sendiri, jadi teraniaya di dunia maya karena facebooknya disadap dan foto-fotonya diedit terus disebar ke situs yang ga senonoh. aku yang liat aja udah malu. gimana dengan temenku itu. walaupun beberapa maklum tapi kita kan ga tau ya pikiran orang.

akhirnya sejak kejadian itu, aku memutuskan bahwa ga semua hal bisa di share ke socmed (facebook terutama) karena begitu banyak mata yang mengintai dan kita ga pernah tahu, apakah yang kita upload atau share membuat semuanya merasa nyaman dan membuat diri dan keluarga kita aman. tapi dasar emang susah, kadang suka ga tahan juga buat upload foto terbaru atau status. cuma sekarang udah usaha banget diminimalisasi. jadinya sekarang memilih memakai facebook sebagai pengamat atau masuk dalam grup yang bermanfaat contohnya grup masak atau grup parenting.

dan akhirnya, aku memilih menumpahkan semua unek-unek ke blog ini. makanya blognya jadi aktif lagi sekarang. walaupun untuk pemilihan topik, tetap dipilih topik teraman. kalaupun ada keluh kesah (banyak kalee...), itu adalah keluh kesah yang sudah tak tertahankan lagi. hehe..



9 komentar:

  1. ehh...kayaknya diriku masih berkutat di fesbuk aja fi (jadul banget ya), soalnya masih ada grup2 yang penting buat diikutin...socmed yang lain gak tertarik ya kecuali pinterest..., twitter gak punya, ig males isinya cuma mantengin foto, path juga....
    paling sekarang sih di blog ya, enak aja gitu kalo BW and bisa numpahin curhat juga di blog. Walaupun terkadang isinya banyakan ngeluh sih, ya gpp lah...daripada pecah kepala nahan-nahan atau sibuk ngeluh ke orang-orang, mending ngedumel sendiri kan..., sekaligus juga jadi bahan renungan dan kenang-kenangan kalo pernah merasa, melakukan dan berfikir seperti itu.

    Iya...tapi beneran emang harus hati-hati juga sama socmed, banyak banget soalnya kejahatan tersembunyi dibalik socmed.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kok nyr. masih nyaman dengan facebook. yg lain, selain males install juga males harus memulai dari awal. klo aku buat IG, buat enak ngecek jualan orang-orang nyr. hihi.. dan betul, akhirnya buat ngeluarin unek-unek langsung nulis di blog. bisa lebih puas. makanya alamat blog juga ga kusebar.

      Hapus
  2. hahaha, Viviiii...! Beneran ya, kudu banget nahan diri. Eh, nahan jari kalo di jaman digital begini. :)
    Aku ada tuh temen di FB yg ku unfriend. Ajiibbb, kerjaannya ngeluh sama ngumpat muluuuuu! Kan jadi nambah2in aura negatif. Huhuhu...
    Sekarang udah jaraaaangg buka FB. Doyananku instagram sama blog aja cukup lah. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sendiri udah banyak bgt yang ku unfriend atau kusembunyiin postingannya biar ga nongol di wall. malesin bacanya sampe pernah kusinggung, kamu kayaknya ga pernah bersyukur deh. haha.. bagi alamat instagram dong kakak...

      Hapus
    2. @bagindaratu Vi. Add aku yaaa adeeekkkk.... :))

      Hapus
  3. Hai Vivi :)
    Duh, berarti dikau samaan dengan dirikuuuu...
    Aku tuh paling males nyetatus yang serius2 apa lagi no mentionan, semacam rempong gitu yah...
    Selama ini kalo nge twit atau nyetatus, selalu yang lucu lucu aja atau bercandaan...seringnya sih apdet status lagi nonton drama Korea apa minggu ini, dan tebar spoiler gimana endingnya *penting*...hihihi..

    Kalo mau yang serius dan bermakna emang mending mainan blog aja Viiii :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mbak ery. aku sih udah jarang mbak bikin status sekarang. takutnya maksud statusnya A eh disalahartikan deh. aku mau deh temenan sama mbak ery di fb. penting banget baca spoiler drakor yang lagi in (secara ga bisa tiap saat mantengin drakor). hehe...

      Hapus
  4. eh, itu barusan komen ku kena moderasi yah?

    Oiyaaa...tentang second lead male yang selalu menyayat hati,di PHP in dan membuat kita ingin menghujaninya dengan cinta kasih...hihihi...itu udah sering banget aku bahas di postingan, coba baca post aku yang nge review The Heirs deh :)
    Aku termasuk oknum yang sering terkena 2nd lead syndrome soalnya...hihihi...

    trus tadinya kepikiran pengen di bikin postingan tersendiri gitu Vi...
    Sekalian pengen di polling dengan kategori siapakah 2nd lead male yang paling menyedihkan atau mungkin kategori pasangan ter PHP kali yah...hihihi..

    dengan catatan kalo lagi gak males...hihihi...*alasan cemen*

    BalasHapus
  5. Duh, sepertinya komen pertamaku ilang yah?

    Hayuk mari kita temenan di FB Viiii...
    boleh search aja nama : Erry Andriyati yaaaaah...
    Atau mari kita saling follow di twitter, search aja @ebibitititeliti

    BalasHapus