Pages

Senin, 21 April 2014

tentang membaca

Aku tipe yang suka membaca. Tapi berlakunya cuma untuk baca komik, novel dan buku yang menarik perhatian aja. Yang lain, ogah. Haha.. nah waktu hamil, malah jadi jarang baca karena kalau baca, suka kelupaan istirahat. Bablas sampe malem baca buku. Penasaran banget sama akhirnya. Aku juga males baca buku yang detail banget. Jadi kalau  ada orang yang terkagum-kagum dengan penggambaran cerita yang dibuat detail, kalau aku malah biasanya langsung kulompat. Makanya sering ketinggalan juga hal-hal penting di bukunya. Maklum, aku kan males berimajinasi ya.

Entah kebetulan atau ga, kayaknya hal ini menurun ke haziq. haziq setiap aku bacain buku, kalau aku kelamaan dikit cerita di suatu bagian, dia pasti langsung minta skip ke bagian berikutnya,. duuh nak,, kamu tau ga kalau bunda sebenernya pengen mengembangkan imajinasimu? jangan kayak bundamu ini yang miskin ide gara-gara ga suka hal-hal detil di buku :(

Karena dulu waktu kecil, jarang banget dibeliin buku. Jadi sekarang malah semacam obsesi pengen ngumpulin buku yang bagus-bagus buat haziq. Sampe sempet ikutan arisan buku keluaran m*zan yang harganya juta demi  memuaskan hasrat (emaknya). Tapi lagi-lagi karena keterbatasan pengetahuan, akhirnya aku malah banyak nanya ke temen-temen judul buku yang oke buat haziq. Dulu kan aku bacanya 5 sekawan atau kalo ga, Mallory towers. Nah, kalau sekarang aku beliin haziq buku kayak gini, yang ada dilengosin sama anaknya. Hihi..

Haziq sukanya baca buku yang banyak gambarnya. Jadi biasanya emaknya mengarang spontan. Karena ada gambar yang ga dia suka, jadi langsung skip. Suka-sukanya haziq aja buka halaman berapa. Makanya walaupun bukunya sama, ceritanya pasti jadinya beda-beda karena halaman yang dibuka selalu ga urut. Akhir-akhir ini, keliatan banget haziq udah bosan dengan koleksi bukunya (yang sedikit) di rumah. Dulu antusias banget kalau diajakin baca. Sekarang ditoleh juga ga. Apalagi koleksi H*L* B*LITA yang malah ga disentuh karena haziq kurang tertarik. Haziq cuma suka beberapa judul aja. Sisanya ga mau (emaknya nangis miris liat bukunya cuma teronggok di pojokan)

buku-buku kesukaan haziq
buku h*l* b*lita yang dijadikan pijakan sama haziq
selalu antusias tiap baca bobo (psst,,ayah dan bundanya juga sering ikutan nimbrung baca)

Untungnya, sabtu kemaren ada yang nganterin paket. Waktu dibuka ternyata buku dari tante sondang. Aih.. bukunya cakep-cakep. Terus yang paling bikin terharu, ada note dari tante sondang buat haziq. Makasih bukunya ya tante dan makasih doanya juga. Semoga haziq semakin suka baca buku J

Setelah itu, buru-buru dibuka semuanya trus langsung dibaca oleh emaknya. Haziqnya sih masih sibuk maen. hihi.. setelah kubaca bukunya, wiih bagus-bagus ceritanya dan pas. Ga terlalu sedikit atau kebanyakan buat haziq. Gambarnya pun bagus-bagus. Buku-buku ini terbitan erlangga for kids. Aku liat di halaman belakangnya sih ada 8 buku untuk seri ini. Dan aku mau lengkapin semua serinya.  Yippie..
ini dia buku-bukunya udah sampe dari tante sondang
notes yang buat emaknya ngomong, aamiin aamiin dan aamiin

Pas banget, malemnya mati lampu. Jadi mati gaya kan anaknya mau ngapain. Di luar juga lagi hujan deras jadi ga bisa kemana-mana. Akhirnya kami main di kamar dan aku bacain buku kado dari tante sondang. Eh, anaknya ternyata seneng banget. Dan ada satu buku yang jadi favoritnya haziq. Buku ini haziq sampe minta dibacain berulang-ulang sampe suara bundanya serak. Hahay..bangun tidur juga yang pertama dicari buku ini dan langsung minta dibacain lagi. 
buku favorit saat ini
mengutip kata tante Sondang, 

Semoga (haziq) suka membaca nantinya. karena dari dulu dan sampe sekarang membaca membuka jendela dunia. dan setelah suka membaca, semoga kamu akan suka menulis untuk berbagi pada orang lain. dan tante (ayah serta bunda) yakin, di jamanmu nanti kamu akan jadi jawaban buat generasimu. amin.

7 komentar:

  1. waow bagus ya tulisane mamak, hihihi :D

    *lost focus*

    btw, buku Halo Balita-nya mungkin Haziq akan suka, nanti seiring bertambahnya usia :)

    oiya slm kenal mbak. trims sudah mampir ke blogku ya... *kasih kembang warna-warni*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mam tyle. aku sendiri sampe terharu bacanya. hihi..
      salam kenal juga ya mam.. :)

      Hapus
  2. kalo haziq gak suka halo balitanya...sini...kesiniin aja buat si Habib...
    *emaknye belon mampu beli je...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dirimu bukan ga mampu beli nyr. ga mau kali. hehe..
      haziq suka buku kecil yg bisa dipegang dan dibawa sambil tiduran. klo halo balita kegedean. jd males dianya.

      Hapus
  3. whoaaa..dapet buku dari Sondang rupanyaaa...
    dan itu notes dari Sondang hangat sekali yaaaah...
    aku ikutan terharu lho mbacanyaa :)

    Kalo Fathir aku beliin seri si Mio aja lho, kucing yang soleh itu lhooo...
    dan murah pulak, gak sampe 15 ribu lah, dan ceritanya pendek jadi cepet tamat...hihihi...

    Dan aku juga dulu suka baca Malory Towers lho, dan si kembar di St Clare jugaaaa...
    trus ada lagi si Paling Badung di asrama itu..akh...masa muda...hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. notesnya bagus ya? hik..hik..
      nah, aku baru tau nih ada seri mio. tar aku cari ah di gramed. btw seru ya mbak erry baca malory towers ini. sampe aku dulu sering mengkhayal sekolah di sini. ternyata kenyataannya kalau sekolah disini, mahalnya ga ketulungan kali ya? hihi..

      Hapus
  4. oooh seri buku2 itu memang bagus menurutku, kalo chibi dulu ngefans banget sama si tidler ikan, pas jamannya masih merangkak, bolak2-balik itu buku diseret kemana2, minta dibacain. sampe akhirnya harus beli lagi bukunya gegara sobek :P

    BalasHapus