Pages

Kamis, 12 Desember 2013

Kompetitip (pake P karena kebangetan)

di kantorku, orang yang masih muda dan seumuran itu sekarang tinggal bertiga. waktu awal aku disini malah cuma aku sendirian. sisanya udah senior semua. maklum kanwil. guyonan orang, kanwil itu tempat pelabuhan terakhir pegawai senior. hihi..jadi ya dimaklumin aja klo waktu ada junior yang masuk sini aku kegirangan karena berasa punya "temen"

kebetulan, ada satu junior yang waktu pertama kali penempatan sini udah nikah. trus hamilnya deketan. jadi sesama bumil merasa nyambung dong ya. si junor ini sebutlah bunga (ga kreatif blas namanya). waktu awal penempatan, kami sekantor merasa bunga ini agak aneh. anehnya lebih karena anak ini terkesan show off, sok pinter dan sombong banget. oke sampe situ, aku masih abaikan karena toh bunga dengan aku baik-baik aja. kebetulan pula kami satu bagian. klop dong ya. ceritanya nyambung.

karena aku lebih dulu hamil, jadi dia suka tanya-tanya perlengkapan bayi yang udah aku beli. aku yang merasa punya temen yang nyambung, semangat dong cerita beli ini itu sampe ke harganya (bunga yang tanya lebih dulu ya). waktu pertama kali aku masuk ke kantor setelah cuti melahirkan, waktu itu dia masih hamil, komentar pertamanya adalah "betapa gendutnya aku". anak ini lupa kali ya klo menyinggung masalah fisik itu adalah larangan pertama dalam pembicaraan yang menyenangkan. ckck.. tapi didiemin aja. setelah dia selesai cuti, kalimat pertamanya waktu ketemu aku adalah "lihat dong, aku udah langsing kan?" yang ditanya langsung bengong. oke, berasa ya aura kompetitifnya.

kompetitif semakin melebar ke hasil perahan, berat badan anak, sampe ke kepandaian anak. sampe-sampe waktu itu, aku yang awalnya sering merah di ruangan dia jadi ke musholla aja karena ga tahan dengan omongannya. kebetulan pula, kami bangun rumahnya barengan. dia beli di perumahan. sedangkan aku bangun sendiri di tanah yang udah ada. nah, ini adalah awal mula kisah kekompetitifan yang panjang (sampe sekarang). dia sempet tanya-tanya lokasi tanahku, ternyata sama dia di survey letaknya abis itu dikomentarin, loaksi jeleklah, jalannya debu lah. trus waktu mulai bangun, dia sangat penasaran dengan berapa aku bayar kontraktor, merk semen apa yang aku pake, pondasinya apa, keramiknya apa, merk toilet apa, dsb. sungguh malesin banget. ini anak tipe yang kalau diladenin, tetep aja ujung-ujungnya dia pasti nyela. intinya sih rumahnya yang paling bagus. tapi kalo ga diladenin, dia juga tetep nyela dengan merendahkan aku. bilang pake ini aja murah (mending juga sekalian beliin deh daripada ngomong doang). bingung kan ya? hihi...

selama ini aku lebih milih untuk "iyain" aja semua omongan dia. males juga kan nanggepinnya. tapi semakin kesini kok semakin jadi. malah masuk ke area bullying depan publik pula. ceritanya karena dia udah pasang kitchen set dan aku bilang, aku belum mau pasang karena belum ada dana. waktu itu kami mau ambil wudhu di toilet wanita dimana banyak ibu-ibu bagian lain lagi antri ambil wudhu. dan bisa-bisanya dia bilang, "yaudah mbak, klo ga sanggup pasang kitchen set beli aja aluminium. kan murah tuh" sampe semua ibu-ibu noleh ngeliatin aku. sumpah, malu banget waktu itu. aku nanggepin dengan gaya sok cool padahal aslinya mau nyumpelin cabe rawit di mulut dia. hihi...itu baru satu contoh, aslinya banyak banget bullying depan publik yang udah dilontarkan ke aku.

aku sendiri sampe mikir, ni anak kok kompetitif banget? aku cerita sama temen yang lain dan ternyata hampir sekantor digituin juga ma dia. rumah temen-temen disurvey trus tiap beli apa, dicela. kalo dipikir-pikir, bunga ini kayaknya "sakit". mungkin dia merasa insecure dengan keadaan dia. atau mungkin karena dia lagi merasa di "atas" sehingga dengan gampangnya meremehkan temen-temennya. lucunya tiap kali aku bilangin atau dinasihati sama orang lain, dia kayak ga sadar kalau kelakuannya gitu. ini baru sesuai ungkapan pepatah, gajah di depan mata ga keliatan, semut di seberang keliatan.

sebenarnya ada si bunga ini lumayan bikin terhibur juga di kantor. karena dia sibuk kesana-sini konfirm harta orang lain terus sama dia dicela. penontonnya jadi punya banyak bahan ketawaan tiap hari. makasih ya bunga, you made my day! haha..

15 komentar:

  1. Kalo org seperti itu gak usah diladnin, jawabannya tingga "oh gitu yah" klo dia show off, n simply bilang "kurang tau ya" klo dia tanya2.....
    Orang sprti ini tidak bisa diajak dlm situasi konstruktif sebagai teman....
    biasakan SPEAK UP !tell her what's in your mind and whan makes u uncomfort and never made her doing it agains you, bukan menasehati "apa yg seharusnya dia lakukan" krn dia toh gak sadar2 juga, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena ga bisa speak up, aku emang jadinya lebih memilih untuk menghindar. awalnya emang berniat baik untuk menasihati. tapi kayak katamu ded, orangnya ga sadar. akhirnya sekarang lebih memilih untuk jadi penonton aja. hihi...

      Hapus
  2. Hadeeh males banget ya vi dan memang ngadapin orang kek gitu harus banyak stok sabar

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..iya nih mbak dian, stok sabar khusus untuk si bunga ini emang harus segudang

      Hapus
  3. emang malesin banget yaa... hindari aja deh drpd kuping panas :))
    dan heran juga sm orang2 kaya gitu, kok ada ya energinya untuk ngurusin orang lain? haduuh... kalo aku mah boro2 ya sampe survey2 gitu cuma untuk tau 'kelas' rumah orang lain... urusan diri dan keluargaku sendiri aja banyak yg keteteran...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dia mbak. aku aja takjub waktu dia cerita klo dia sama suami survey tanahku (yang di ujung dunia itu). padahal yang punya tanah aja males liatinnya. haha.. mungkin dia butuh refreshing di wiken dan caranya ya itu.

      Hapus
  4. huooo...yg kamu ceritain suka survey rumah orang itu ternyata masih muda toh??
    wkwkwkwkwk...kurang kerjaan banget ya...

    emang ada vi orang yg begitu...
    dijauhin aja deh...jangan cerita apa2 ke dia...kalo dia ngomong ketawa aja, tanggepin seperlunya...
    kalo aku sih kadang sengaja aku puji-puji wong cak itu
    hahahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. juniorku malah nyr. wajar ya masih muda. masih alay. xixi..
      awalnya aku cerita-cerita lebih karena merasa kami "sama". lagi hamil, punya anak, trus bangun rumah barengan. memang sih yg cari topik omongan pasti dia. tapi lama kelamaan, mulai ga nyaman dengeri celotehannyo nyr. ditanggepi seperlunyo udah, diketusin udah. tapi ya tetep aja kyk gt. jadi ya nikmati ajalah sekarang. hihi..

      Hapus
  5. kalo nemuin orang model begitu, aku suka me-reka2 sendiri loh, Vi. Apa sih yg melatarbelakangi 'sakitnya' itu? Analisa tercepat dan tak terbantahkan adalah: dese kurang kerjaan. Loh, iya dong. Buat orang yang udah sibuk ngurusin urusan sendiri (dan kadang ngomel waktu yg 24 jam masih kurang) ngurusin tetek bengek orang lain kan... memprihatinkan!
    Jauhin aja deh temen sakit begitu, biar nggak habis emosi ngeladenin dia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, pastilah dia memang punya banyak waktu luang ya mbak fit. klo ga, mana mungkin dia bisa jalan dari ujung ke ujung cuma kepoin rumah orang. hihi..demi kewarasan, emang harus dijauhin mbak fit. klo ga, bisa kepancing juga. makanya aku sekarang jadi tim penonton wlopun masih suka dibully *puk puk diri sendiri

      Hapus
  6. waduh, bener2 sampe survei segala yaa? bener2 kurang kerjaan yaa, kasihan amat yak...!
    cuekin ajalah vi, kalau dia mulai ngomong kamu nyanyi2 sendiri aja, nanti dia pasti bete sendiri deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..beneran kok bun. aku aja sampe bengong. trus dia juga survey rumah temen-temen yang lain. kok kami tau?dengan lugunya, dia cerita sih. klo kemaren wiken abis jalan kesini mau liat rumahnya kamu. rumah kamu yg dari kayu itu ya? astagah... #tepokjidat

      Hapus
  7. wah, di kantorku juga ada yang mirip "bunga". tapi dia begitu bukan sama aku, sih, tapi sama rekannya yang seumuran dan juga udah punya anak. dia kayanya gak aman sama keadaan dirinya sendiri, makanya dia "tutupi" dengan berbagai barang dan pengen sama dengan orang yg dia anggap "sempurna". aku pernah lewat ke rumahnya, keadaannya memprihatinkan, sih. aku jadi sedih karena dia sampe "semaksa" itu. padahal kan kompetitif bisa bidang lain. di bidang prestasi kerjanya, misalnya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo bunga ini ceritanya dari ga ada menjadi ada. walaupun sebenarnya kondisi dia ini biasa aja. cuma mungkin dia merasa keadaan dia sekarang "lagi di atas" dan iya, anaknya insecure kok mbak. tiap ada yg cerita beli ini itu, dia selalu nyela dan ga mau kalah. prestasi kerja? karena dia terlalu sibuk ngurusin kerjaan orang lain, prestasinya bisa dibilang minus malah di kantor. padahal anaknya pinter. itu yg kami sayangkan

      Hapus
  8. Halo Viii... saya udah baca nihhh hehehehe. Mirip banget yaaaa... bedanya si Omde itu cowo, umurnya aja 11 tahun lbh tua daripada aku. Bingung kan?? Masak mau saingan sama anak muda? Kalo dia menang yah wajar. Tapi masalahnya nggak!

    BalasHapus