Pages

Kamis, 08 November 2012

welcoming our haziq

cerita kelahiran haziq selama ini ternyata masih ngendon di dalam draft *toyor kepala sendiri

jadi haziq lahir ketika usia kandungan 36week. dilahirkan dengan terpaksa karena ketuban sudah pecah SEMINGGU dan udah terinfeksi. iya, ketubanku udah rembes dari minggu ke-35. aku sadar kalau itu ketuban, sudah khawatir juga sampe aku nemuin dokter. sayangnya obgyn langganan sedang keluar kota. jadi aku cek di obgyn lain yang ternyata "money oriented". waktu di cek aku udah cerita panjang lebar. di cek cuma bentar sambil bilang, "ga apa2 kok. tenang aja. oh ya, mau lahiran dimana? lahiran disini juga bs lho" *si obgyn punya klinik sendiri

nah,, bodohnya aku ga pake cari second opinion. percaya aja. akhirnya aku tetap aktivitas kyk biasa. di minggu ke-36, aku cek di obgyn langganan. si obgyn kaget karena air ketuban di bagian atas udah kering. cek kondisi janin, si janin udah lemah (pantes ya ga terasa tendangannya). jadi si janin selama ini cuma mengandalkan air ketuban di panggul yg alhamdulillah masih banyak. sedangkan air ketuban di bagian atas, udah kering. panik sepanik-paniknya. dokter menyerankan aku untuk tes LEA (gunanya untuk mengetahui tingkat infeksi) normalnya adalah negatif. sedangkan aku +2. yg mana maksimal tes LEA adalah +3. langsung diperintah untuk suntik pematangan paru-paru buat janin. besok sudah harus dilahirkan.

kaget sekaget-kagetnya. aku baru cuti bersalin 2 hari. baju-baju haziq belum ada yg aku cuci. tas juga belum siap. peralatan masih belum lengkap (pelajaran ya, jangan nyantai. ga akan pernah tau kejadiannya seperti apa). malem-malem dianterin ke RS Umum (emg mau melahirkan disini rencananya), akhirnya masuk ke dalam kamar sambil sebelumnya di tes dulu dan dapet jadwal operasi besok pagi jam 9. sumpah, saat itu aku cuma bisa bengong bengong. semuanya berlalu sangat cepat. suami juga bukan main paniknya. malah aku sempet liat suamiku nangis. ya khawatir dengan si janin, khawatir jg dengan keadaanku.

pas malem di kamar, langsung minta makan banyak-banyak karena kan mulai jam 4 pagi disuruh puasa. sedangkan aku besok kan mau berangkat perang (eeaa..berlebihan), jadi harus isi amunisi dulu dong. aku sempet bilang sm suami, "kamu yg tenang ya. besok kan kita ketemu si baby yg selama ini kita rindukan"

besoknya, aku dipersiapkan untuk operasi. aku minta mandi dulu paginya karena aku ga mau ketemu anakku dengan badan bau. hehe.. waktu didorong ke ruang operasi, cuma bisa berucap "hasbunallah  wanikmal wakil. nikmla maullah wanikmannasir. la haula wala quwwata illa billahhilaliyyiladzim" itu terus yg aku baca berulang-ulang. gugup lho ya. ini perut kan mau dibongkar. waktu masuk ruang tunggu operasi, di samping aku ada anak kecil umur 7 tahun yg mau operasi jg. dan dia tenang bgt nunggu giliran operasinya, jadi malu banget sm dia.

di ruang operasi, aku dikerubutin byk orang. baju dibuka, dipasang kateter (yg butuh 4 kali percobaan baru berhasil. sampe aku dimarahin susternya), disuntik epidural. sampe butuh 2 orang untuk megangin aku. nyatanya aku bs tenang bgt waktu disuntik. rasa sakitnya kalah dengan rasa tegangnya. hehe... dan siap dioperasi. aku udah pasrah dan bener-bener berserah dengan Allah. mohon kelancaran operasinya. jam 9 mulai, jam 10 aku mendengar suara yg paling indah sampe aku nangis bombay. suara anakku yg menangis dengan kencangnya. dokterku sempet teriak, "vi,,anaknya gede lho. ini ga mungkin 2,5 kilo. pasti lebih" ternyata setelah ditimbang beratnya 2,8kilo dengan panjang 47cm. alhamdulillah. seketika itu, rasanya aku lega banget.

setelah dipindahkan ke kamar, siangnya aku langsung belajar guling kanan kiri. nekat? iya. biar cepet sembuh karena kalau ga gini, nyusuinnya gimana? saat itu, aku yakin kalau ASIku pasti langsung ada. nyatanya?ga ada. tapi tetep aja si bayi aku paksa nyusu biar ASI cepet keluar. alhasil haziq nagis terus-terusan. sediih..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar