Pages

Kamis, 30 Oktober 2014

bukan ibu yang sempurna

baca-baca blognya mbak miund dan terinspirasi dari postingannya yang ini, mungkin perlu juga untuk aku jembrengin segala kesok-idealisan aku di masa hamil dan awal punya haziq dulu. yah sekedar nge-list aja, idealisme dan kenyataan yang ada.

hal pertama yang paling aku catet adalah lahiran NORMAL. pokoknya gimana caranya harus normal. sampe ikutan senam hamil, sujud-sujud sampe kepala puyeng biar anaknya muter (waktu itu haziq masih sungsang ajah), ngepel, belajar latihan nafas bahkan kamarku aja ditempelin poster senam hamil. demi demi lahiran normal. tapi Allah yang menentukan, anaknya harus segera dikeluarkan dengan SC. klo ga keracunan. ya terserah deh dok yang penting anaknya selamet. bye bye vaginal birth..

hal kedua, ASI sampe 2 tahun. iya sih bisa sampe dua tahun lebih. tapi itu pun ditopang dengan bantuan sufor saat usia haziq 15 bulan. kenapa? karena ASInya ga bisa diperah lagi. ga ngerti deh ini kenapa. you named it lah. beli segala macam booster, udah. power pumping, udah. perah kedua payudara, udah. nambah frekuensi perah, udah. tapi hasilnya semakin minimalis. yang pasti ga cukup untuk haziq di siang hari. akhirnya dengan berat hati, dikasih sufor di siang hari. malemnya baru nenen.

hal ketiga, makan pake highchair. hah,,mimpi banget ini. awal-awal 6 bulan, anaknya sih masih planga plongo didudukin ke highchair. masih lep lep aja tiap disumpelin makan. semakin hari, kok semakin ga mau didudukin kesana. highchairnya udah digeret sana sini. demi perubahan lokasi yang mana siapa tau bisa menambah nafsu makan. itu semua bohong aja. anaknya lebih anteng digendong makannya. apalagi diajakin muter-muter kampung, ga berasa tiba-tiba abis makanannya. alhamdulillah. anaknya kenyang, yang ngasuh encok-encok. makan tertib di restoran, itu hal yang mustahil. yang ada, ganti-gantian makannya. klo ga, bisa-bisa satu meja dibalikin sama anaknya. huahaha...

hal keempat, ngedot. iye, udah tau banget lah kalau dot itu ga bagus. niat awal disendokin atau pake cup feeder. tapi ya diprotes sama nenek dan pengasuhnya. akhirnya karena sadar ya kalau masih butuh bantuan untuk ngasuh haziq, diturutin aja pake dot. yang keterusan sampe sekarang. baru hari ini, dot disimpen dan diganti pake gelas. doakan berhasil.

hal kelima, ga nonton TV. ga main gadget. tapi, cuma gadget dan TV yang bisa bikin haziq anteng atau teralihkan ketika dia menangis (yang mana nangisnya kayak digebukin sama emaknya). demi kewarasan bersama, maka setel TV ketika ayah bundanya butuh sendirian (mandi atau pup) dan anaknya ga mau ditinggal.

hal keenam, makan makanan bergizi. oh waktu sebelum satu tahun, bisa dipastikan makanannya bergizi karena aku turun tangan sendiri untuk bikin (yang akibatnya jadi sering telat ngantor). setelah setahun, udah makanan yang ada di rumah dikasih ke haziq. termasuk jajanan dan bubur ayam yang suka lewat pagi-pagi. dan oh, yang terbaru kalau anaknya ga doyan makan, di suapin nasi+air+gula. atau langsung gotong ke KFC *minta dirajam

buat list ini jadi berasa bikin pengakuan dosa. biar deh mau dibilang buka aib, ya buka aib. tapi emang aku tau diri kok kalau aku bukan ibu yang sempurna untuk haziq. 

4 komentar:

  1. gak ada yang sempurna kan di dunia ini... yang penting berusaha jadi yang terbaik aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas arman, punya anak itu bener-bener bikin seumur hidup belajar dan berharap untuk jadi lebih baik dan lebih baik lagi..

      Hapus
  2. hahahaha...tepat seminggu yang lalu juga gw mau nulis ini vi...
    tapi belum sempet...
    mau ditulis ahhh...mumpung inget....
    kalo baca punyaku...u're much more better than me....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayak kata koh arman, semua ibu berusaha yang terbaik kok nyr bagi anaknya. mungkin keliatannya aku lebih baik tapi di aspek yang lain kayaknya dirimu lebih oke (sambil ngiler liat kebon dan homeshool di rumah)

      Hapus