Pages

Selasa, 13 Agustus 2013

konsumtif?

abis baca artikel ini dan merasa, ya ampun bener banget!!!

sejak kerja aku merasa kehidupanku memang agak berubah menjadi lebih konsumtif. ya namanya baru selesai jadi mahasiswi. biasanya nungguin transferan tiap bulan tiba-tiba punya uang sendiri. ya jadi agak-agak kalap deh. dimulailah gaya hidup hedonisme terutama di kala wiken menjelang. ditunjang lagi aku tinggal di jakarta yg semuanya ada. gimana ga tambah maruk tuh. dimulai dari belanja baju (yg dibeli cuma gara2 kepengen dan akhirnya cuma dipake sekali-dua kali), tas, sepatu, dan yg terakhir wisata kuliner bareng sama mantan pacar (yg sekarang udah jadi suami). terus di akhir bulan bingung, kok duit lenyap ga bersisa ya? (apa dimakan tuyul???) padahal kebutuhan sehari-hari itu2 aja. irit lah. kok bisa ga nabung?

untungnya karena dulu sama suami emang niat pengen nikah, jadi mau ga mau termotivasi juga menabung. ahamdulillah semua keperluan nikah mulai dari akad, resepsi, etc pake duit tabungan kita berdua dan ga minta sama orang tua. menurut kami ini suatu pencapaian yang besar karena awalnya kami pesimis liat tabungan kok cuma segitu padahal sepertinya kebutuhan nikah jauh di atas itu. tapi Allah memang memudahkan niat baik hambaNya, semua kebutuhan nikah alhamdulillah bisa terpenuhi. selain itu, kami juga masih bisa beli rumah RSSS (ini S nya banyak karena emang sangat-sangat-sangat sederhana. hihi...) di kawasan Serpong coret.

tapi setelah nikah, mulai lagi deh gaya hidup konsumtif. karena udah berdua ya, enak banget malah jadi jalan kemana-mana tanpa perlu khawatir pulang kemaleman atau gimana. tambah menjadi-jadi deh tour mall ke mall. malah acara belanja bulanan pun berubah menjadi ajang "comot semua" dimana kami belanja sambil bawa trolley dan trolley penuh dengan hal-hal ga penting tapi ujung2nya bikin kantong bolong. emang ya kalo belanja mah seharusnya ga usah pake trolley. toh waktu itu belanja untuk kebutuhan berdua ini. pake keranjang aja sebenernya udah cukup dan pake trolley ini malah yg jadi bumerang kehancuran belanja bulanan karena jadi out of budget mulu. kalo sekarang ya wajib pake trolley karena keburu gempor gendong si anak kicik. hihi..

aku dan suami waktu itu pernah ikutan acara financial planners di jakarta dimana saat itu semua perusahaan financial ada disana dan kita bisa ikut seminar dan diperiksa kesehatan keuangan keluarga (GRATIS). waktu itu alhamdulillah keuangan kita dianggap sehat karena kadar utang sama harta masih gedean harta. nah coba kalo keuangan sekarang di cek lagi kayak waktu itu, aku yakin jawabannya akan berubah karena kadar hutang sm harta mungkin udah sama (atau malah gedean hutang).

dan ketika punya anak, yasalam kebiasaan konsumtif yang sebenernya udah pernah terpendam jadi bangkit lagi gara2 kebutuhan anak sekarang yang YA AMPUN BANYAKNYA...beneran banyak, beraneka ragam dan kalo ga punya kayaknya kok kita jadi ga gaul? atau malah bisa dibilang pelit buat anak?

mulai dari babycrib, sleepsuit, handuk mandi (yg beraneka ragam), bantalnya (yg berbagai jenis), jumper, cloth diaper, pompa asi, bouncer, play mat, gendongan (yg harganya juta-juta), stroller (yg klo diperhatiin kok skrg malah kayak jadi ajang pamer klo di mall) sampe ke hal printil-printil tapi mahal. ga memungkiri skrg produsen sudah sangat jeli membidik ibu-ibu muda kalap belanja kayak aku ini. semua kebutuhan bayi sekarang alangkah banyaknya. sampe-sampe aku bingung mau beli apa aja. takutnya ada yg lupa, takutnya penting yang pada akhirnya, jadi barang ga berguna. sigh..

ini sebagian barang haziq di rumah yg ga berguna (versi emaknya haziq) :
1. baby crib (yg akhirnya dijual lagi dengan harga murah karena anaknya ga mau tidur disana);
2. baby bouncer (kasusnya sama, ga mau dia duduk disini);
3. baby playmat ;
4. carrier (udahlah belinya mahal, ogah dong digendong pake ini. akhirnya nganggur maning);
5. stroller (klo tidur baru disini, klo bangun jangan harap mau duduk disini);
6. sepeda ;
7. mainan yang membusuk di pojokan kamar ;
8. baju-baju yg karena emaknya kalap akhirnya banyak yg ga kepake dan ternyata udah sempit aja;
9. sepatu (anaknya ga suka pake sepatu. sukanya pake sepatu karet macem crocs);
10. bantal beragam rupa;
11. peralatan mpasi (babycubes, grinder, teether, etc)
12. peralatan sikat gigi;
13. etc.

fuih,,banyak juga ya. dan sebenernya kalo aku ga beli itu semua, berapa duit yg bisa disimpen dan dijadiin dana pendidikan untuk haziq?? makanya aku salut dengan mommy di London yg bikin artikel di atas. bisa ga ya aku kayak gitu? bisa ga aku menahan rasa ingin beli ini itu buat anak (yg padahal mah ortunya yg pengen. kan anaknya blom ngerti apa-apa)? mungkin harus dicoba untuk menjadi lebih realistis dan berpikir lebih matang dalam memutuskan sesuatu (klo kata suami, "kamu tanya itu kebutuhan apa keinginan? klo butuh, beli. klo pengen, jangan!") dan lebih bertekad baja untuk menabung, menabung, menabung (katanya mau bangun rumah? *getok kepala sendiri)

picture taken from here


2 komentar:

  1. pyuhh....take looooong breath deh kalo dah disentil masalah beginian.......
    Masih PE ER besar....
    bingung banget gmn ngaturnya...

    ini tanggal berapa sih?
    koq gaji udah habis aja?
    huaaaaaaaaaa.....

    BalasHapus
  2. aku juga masih belom nemu metode yg pas nyr. padahal kan aku manajernya tapi masih sering kebobolan sendiri :(

    katanya sih dicatet. pernah menerapkan dan lumayan berhasil. tapi kesininya jadi males lagi *getok

    BalasHapus