Pages

Kamis, 15 Agustus 2013

target

ada di kantor tapi hati mikirin anak di rumah.

jadi males kerja tapi berasa useless banget udah ninggalin anak di rumah, aku nya kok malah leyeh-leyeh. sigh...

dilema oh dilema... kapan coba ini berakhir?

dulu, jamannya masih gadis, aku termasuk tipe yg ambisius kali ya. terbiasa bikin target untuk segala hal bahkan waktu untuk nyuci dan mandi sekalipun. pas masih di kos, aku biasa bikin target jam 9 nyuci ah. trus sebelum jam 9 ga mau banget nyuci. pokoknya harus jam 9. padahal kan klo dilakuin pagi-pagi, jam 9 kan udah kelar. contoh penerapan yang salah emang!

dasarnya pemales sih. jadi bikin target-targetan itu cuma untuk bikin diri merasa terbebani yg pada akhirnya jadi bisa memaksa diri melakukan pekerjaan. contoh : udah jam 9, males nyuci. tar ah. tapi jadinya gelisah mulu karena udah lewat jam 9 blom nyuci. xixi..

hal ini berlaku juga untuk standard nilai, standard lulus, dan apa yg harus dilakukan ke depan. jadi aku dulu bikin target umur 24 tahun nikah karena aku mau menyelesaikan S1 dulu. target lulus S1 harus 2 tahun pas (karena aku dari D3). ga boleh lebih, kurang boleh :p dan ambisi untuk jenjang karier juga ga main-main, aku menargetkan S2 beasiswa ke luar negeri yang diakhiri dengan status eselon 2 lah minimal. malah sempet kepengen keluar dari PNS dan mencoba peruntungan di dunia luar.

apa boleh buat, kita berencana dan pada Allah lah kita berserah. pada akhirnya, nikah umur 22 thn dan lulus S1 sesuai jadwal. hihi.. ketika jadi istri dan aku masih di jakarta, suka kasian liat suami karena kayaknya ga keurus bener. makan seadanya, rumah berantakan dan sering kutinggal buat dinas. paling miris klo nelpon dari luar kota, "udah makan? udah. makan apa? indomie" dan itu bisa sampe berhari-hari. hadeuh..pernah mikir, apa aku berhenti kerja aja ya? kasian banget ini pak suami ga keurus. tapi ga pernah bener-bener berniat sih karena aku masih menyukai hasilnya (read : uang). hehe..

setelah punya anak, akhirnya aku tau. berat banget euy menjalani dua peran seperti ini. waktu masih cuti melahirkan, masih santai. ketika udah kerja, kaki sampe harus diseret untuk pergi ke kantor (dan masih berlaku sampe sekarang). belom lagi hati yang mencelos ketika mau pergi kerja, eh anaknya nangis gerung-gerung. rasanya pengen bolos. tapi ga bisa karena standard disiplin kementerian kami sangat tinggi :(
dan yang paling ribet kalo anak sakit. haduh.. puyeng banget mikirinnya. ga menampik juga sih pernah lah izin karena anak sakit. tapi masa iya izin terus-terusan?

kalo udah gini, aku jadi pengen berhenti kerja. pengennya di rumah aja. ada beberapa temen yang berani mengambil keputusan itu. resign. tapi sejujurnya aku masih belum berani mengambil keputusan tersebut. masih ada uang yg harus aku kembalikan untuk negara kalau aku resign, belum lagi cicilan-cicilan yang menunggu untuk dibayar dan yang terpenting aku takut kalau suatu saat ada apa-apa, aku ga bisa memenuhi karena income yang terbatas. (ujung-ujungnya duit pemirsa!!)

sempet beberapa kali mengemukakan hal ini dengan suami, suami mendukung kalau aku mau resign. cuma ya konsekuensinya besar. belum lagi sejujurnya aku merasa kalau aku juga membutuhkan pekerjaan ini lebih dari sekedar aku membutuhkan uangnya tapi sebagai sarana bersosialisasi, beraktualisasi dan cara aku membayar kerja keras yang telah dilakukan orang tua selama ini.

mengenai target yang telah dibuat sebelumnya seperti S2 LN kayaknya sudah luruh bersama air ketuban. hehe.. target sekarang cuma pengen menjadi ibu dan istri yang baik.

13 komentar:

  1. semangat yaa vivi, insya Allah kamu pasti jadi istri dan ibu yang baik :)
    memang itu dilema ibu bekerja, kalau inget anak rasanya pasti pengen resign aja, tapi apa betul resign itu adalah keputusan terbaik, ujung2nya bimbang lagi :P
    jalani ajalah dengan ikhlas, Allah pasti memberikan yang terbaik untuk kita :)
    Ganbatte :P
    btw vivi tinggal di daerah pusri kah?

    BalasHapus
  2. iya mbak. sejauh ini mencoba berdamai dengan keputusan untuk terus bekerja. semoga nanti terus dimudahkan untuk menjalaninya. mksh ya mbak :)

    aku ga tinggal di pusri mbak. oh ya klo boleh tau mbak di KPP apa? kmrn suami juga tugas di ilir barat skrg udah pindah ke ilir timur. aku di djkn. tinggalnya di sekip mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku di kanwil vi, oooh pantesan sepertinya pernah lihat suamimu :)
      kirain tinggal di pusri soalnya ada foto kalian lagi main disana.
      salam buat haziq yaa :)

      Hapus
    2. salam buat kakak chibi dan dedek qutbi juga mbak :)

      Hapus
  3. haduh...jadi minder saya bu...
    dari dulu suka angkat 20 jempol buat orang yang rapi targetnya...

    begitu punya anak bener-bener baru ngerasain yang namanya keluarga adalah segalanya...
    walalupun dikata cuma bisa ketemu anak 15 menit, tapi saya bener-bener bela-belain deh pulang siang terik bolong, gak kuat boo..keinget terus itu wajah gantengnya selama kerja.

    Tapi vi..jujur ya...sampe saat ini kantor itu me time loh..
    cuma di kantor bisa duduk, pipis dan makan dengan tenang, hahaha
    kalo dah di rumah...jangan harap deh...mau megang hape aja gak bisa...

    sampe sekarang saya masih stres kalo dihadapkan dengan kata-kata : IRT Full Time
    dan saya bener-bener acung 20 jempol juga buat mereka yang memilih profesi itu, menurut saya gak semua orang sanggup...dan saya salah satunya yang belum menyanggupi untuk itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya nyr, ga rapi2 juga lah. kan di atas udah dibilang bikin target ini dengan alasan untuk memaksa. hehe..

      aku juga merasa kantor itu me time nyr. kapan lagi bs santai baca sinopsis korea klo bukan disini. tapi tetep lebih suka menghadapi si anak kicik dan segala keaktifannya.

      aku pun belum merasa sanggup kok nyr untuk IRT full time tapi tetep sering banget kepikiran mengenai hal ini apalagi klo haziq lagi sakit kyk gini :(

      Hapus
    2. emg haziq lagi sakit apa vi?
      syafakallah ya...moga cepet sembuh

      Hapus
  4. Halo mb vivi kunjungan balik nih salam kenal juga :D
    Setuju deh mb sama target terakhir yang dipasang memang kembali ke fitrah kita kan untuk menjadi istri dan ibu yang baik plus wanita karir yang sukses hehehe time flies tau-tau si kecil udah besar aja dong udah bisa diajak kompromi malah mungkin nanti kita bakal kangen waktu mereka kecil masa dimana mereka sangat membutuhkan kita Semangaaatttt :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih kunjungannya mbak dian.

      kasiku juga ngomong seperti itu mbak waktu aku curhat mengenai masalah ini. plek plek sama banget. mksh untuk dukungannya mbak. aku juga mengikuti dr alika kecil waktu mbak sampe bawa-bawa alika ke kanpus untuk disusui, tiba2 skrg udah gede aja ya.

      sama-sama semangat mbak :)

      Hapus
  5. memang jadi istri & ibu yg baik adalah harapan perempuan yg sdh menikah,ada byk hal, tanggungjawab & konsekuensi didalamnya..semoga terwujud semua harapan ya mb... cemuunguuddhh :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. harapan yang ga mudah memang tapi seenggaknya dengan memasang target seperti itu, aku jadi terpacu mbak. walaupun standard istri dan ibu yang baik itu seperti apa, aku pun ga tau. salam kenal ya :)

      Hapus
  6. targetnya walo sederhana tapiii susahhh :)
    salam kenal yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini malah target sedunia akhirat ga sih mbak? target tersusah yang pernah dipancangkan di dalam hidup. namapun demi anak dan suami ya. hehe.. salam kenal jg :)

      Hapus