Pages

Senin, 30 September 2013

curcolan pagi ini ; edisi pns ga boleh kaya

kejadian ini sih udah lama terjadi. kira-kira sebulan lalulah. tapi masih membekas dan terasa sampe saat ini. haha..emang dasar orangnya suka pundung deh aku. jadi ceritanya waktu itu di kantor lagi ada acara apa gitu. semua orang pada pergi. cuma tersisa berapa orang aja di kantor termasuk aku. yaudah asik kan ya kantor sepi. bisa denger musik kenceng-kenceng, sambil bw dan nyicilin kerjaan. lagi enak-enak gitu, tiba-tiba temen dari ruangan sebelah dateng. entah gimana. pokoknya jadi terlibat percakapan bertiga dengan temenku itu.

awalnya biasa aja sih. trus tiba-tiba dia mengeluarkan statement kayak gini, vivi nih yg harus dicurigai. masih muda, anak baru 1, udah bisa punya rumah dan mobil. dang.. aku sampe terdiem waktu itu. trus aku langsung jawab nyolot dong, "emang apa alasannya aku ga bisa punya itu? kan aku dan suami kerja!" eh malah dijawab gini, "suami kamu orang pajak sih ya. sering dapet duit dines sama duit dari wajib pajak ya?" astaghfirullah. aku langsung cepet-cepet istighfar walaupun jadinya udah panas banget digituin. aje gile nih orang minta dikeplak. aku cuma bisa bilang, "ga seluruh orang pajak kayak di tv-tv pak. itu sih oknum. yang hidup bersih dan jujur jauh lebih banyak dari itu. aku ga perlu lah cerita sama bapak gimana perjuangan kami setiap bulannya untuk mengatur keuangan"

asli, saat itu aku bener-bener miris banget. emang sih stigma di masyarakat, orang pajak ya model kayak si gayus itu. tapi apa iya semuanya gitu? klo iya, ngapain aku puyeng-puyeng setiap bulannya untuk atur keuangan.belum lagi liat kehidupan temen-temen yang harus mengabdi di daerah terpencil dan terpisah dengan keluarga. wah,,jangan ditanya sedihnya.mereka juga harus pinter-pinter atur gaji untuk tiket pesawat dan membuat agar dua dapur tetep ngebul. klo semuanya kayak gayus, harusnya setiap minggu mereka bisa bolak balik ke daerah asal tanpa pusing mikirin besok masih bisa makan atau ga.

kalau aku dan suami bisa punya rumah dan mobil saat ini, itu karena gaji kami mencukupi untuk bayar cicilan setiap bulannya. jadi apa salahnya untuk punya? lagian kan aku ga perlu lah jelasin alasan ke setiap orang kenapa aku harus punya mobil. yang pasti rumah dan mobil ini merupakan suatu kebutuhan bagi keluarga kecil kami. lagipula mungkin temenku itu lupa kalau orang yang gajinya sama, belum tentu kemampuannya juga sama. bisa aja si A selain harus biayain keluarganya, juga harus biayain orang tuanya, adiknya dan bla bla. sedangkan yang satu emang murni gaji untuk biayain keluarganya aja. ya jelas beda kan kemampuannya dalam hal bebelian. 

sigh,,jadi curcol gini. bodo ah daripada ditahan-tahan trus malah bikin perut kram. hehe..

6 komentar:

  1. Betuuulll, Vi. Akupun kalo ada yg bikin mangkel ku posting aja, biar aura negatifnya nyebarrrr kemana2, huahaha.. *evil laugh* :)
    Sabar ya, Vi. Orang sabar nanti tunjangan suaminya jadi makin besaaarrr.... ;)

    BalasHapus
  2. jiahaha.. abisnya klo mangkel di kantor, aku malah jadi ga enak juga fit. masa kerjaanku ngeluh mulu. klo di blog kan biarin deh. hehe.. aamiin Ya Allah. semoga tunjangan makin gede, ipk juga keluar. hihi..

    BalasHapus
  3. Lho Vi kukira kita satu instansi loh. Ternyata sama hubby mu ajah? Tapi kau di jrmngu juga kan?
    Kalo ma dicurigai, itu keliatan dari gaya hidup kok. Yang dicurigai itu yang udah jelas pegawai dan kita tau penghasilan sama, tapi gonta gani mobil dan koleksi rumah hahaha. Dan biasanya gaya hidupnya serba pamer bakal keliatan, nah itu juga patut dicurigai huahaha soalya daripada di luar jadi batu sandungan buat temen-temen yang bersih kan. Tapi kalo keliatan kemampuannya sebelas dua belas, atau kita tau ortunya emang kaya, ya udah lah ya. Sirik tanda tak mampu aja deh judulnya itu mah hahaha

    BalasHapus
  4. oh ga kak sondang. aku djkn. suami yg djp. tapi ya kemaren di jurangmangu juga. hihi.. ini yg bikin sebel kak. yg kyk gt kan bener-bener oknum. ibaratnya nila setitiklah. tapi jadinya rusak kemana-mana. tiap aku sm suami beli apa, mulai deh digosipin. ga tetangga, ga temen. capek deh..

    BalasHapus
  5. Justru krn anak baru 1 makanya bisa punya mobil n rumah, kalo anak banyak justru makin susah

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak nov. aku jg pertimbangan cicil sana sini mumpung anak masih 1. 1 aja harus nabung banyak2 untuk biaya ina itu. apalagi lebih. kyknya udah susah klo mau cicil sana sini. pengalaman temen seruanganku, dia nyesel "ga berani" kyk aku. sekarang anaknya udah 3 dan udah sulit bagi dia untuk mulai cicil karena katanya dia udah harus mempersiapkan dana pendidikan untuk 3 anaknya. bahkan satu anaknya mau dikeluarin dr sekolahnya, dipindahin ke negeri. miris kan ya?

      Hapus