Pages

Rabu, 12 Maret 2014

KDRT

Seorang teman mengalami KDRT di usia rumah tangganya yang bahkan belum seumur jagung dan sedang hamil muda, oh dan lebih buruknya itu dilakukan hampir setiap hari oleh suaminya. entah aku harus merasa tersanjung atau malah tertekan karena temanku ini hanya mempercayai aku untuk menceritakan semua yang dialaminya.

ketika temenku ini cerita, sejujurnya aku malah ga nyaman karena aku terlampau ngeri untuk membayangkannya dan bingung untuk memberikan reaksi apa. yang aku lakukan hanya mendengar dan memberi saran yang sebenarnya useless, contohnya : kamu harus tetap makan! (ga nyambung) atau kamu mau minum jus? (lebih ga nyambung). aku coba memberikan saran yang agak ekstrim semisal, laporkan ke polisi atau bercerai (tau sih ini emang bukan hakku untuk ngomong ini tapi aku terlampau kasihan) tapi semua itu ga pernah digubris.

akhir-akhir ini aku merasa aku jadi ikut-ikutan gelisah apalagi tiap liat dia mulai nangis sesenggukan di mejanya (ini alarm klo dia tadi di rumah pasti abis berantem dan dipukuli). ada yang tau apa yang harus aku lakukan sekarang biar bisa memberi solusi terbaik untuk temanku ini?


8 komentar:

  1. waduuuh kok serem amat yaa.... bingung juga sih kalo di posisimu, soalnya biasanya korban kdrt itu kalo disaranin lapor polisi dll gak mauu..
    mending anterin ke lembaga/yayasan yg nanganin korban2 kdrt gitu, nah di sana kan ada konselor atau pendamping untuk korban, yang mungkin bisa menguatkan dia untuk berani berbuat, gak diem aja pasrah jadi korban.... kasian janin di perutnya :'( :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku belum ketemu juga mbak yayasan kayak gitu. tapi tar coba cari-cari dulu. aku ngeliatnya temenku ini udah hampir ga peduli lagi dengan janin dan dirinya sendiri. kemaren aja aku maksa ke dokter buat cek kandungannya dia (karena katanya udah keluar flek banyak bgt), dia ga mau. duuh,,bingung jadinya

      Hapus
    2. iya vi...kita gak bisa diem aja..
      udah terlanjur salah pilih tapi gak boleh dibuat berantakan hidupnya..
      dia harus move on...
      kasih semangat untuk segera menyelesaikan..
      saranku sih cari psikolog atau konselor, atau minimal curhat sama bu rieny konsultan psikolog di tabloid Nova itu loh..(kalo aku sih suka baca tulisan beliau, solutif dan membangun)

      Hapus
    3. yang aku liat, temenku ini sedang dalam titik terendah di hidup dia nyr. jadi ga PD, ga peduli sama anaknya dalam kandungan dan ga peduli dengan diri sendiri. boro-boro mau kubawa ke konselor, kutemenin ke RS cek kandungan aja dia udah ga mau lagi #jedot-jedotinkepala

      Hapus
  2. aaahhh, sereeemmmm!
    Langsung inget temenku yg juga korban KDRT, Vi. Bertahun2, tapi kok ya anaknya bisa 5 biji, cobaaaa? Kata seorang psikolog, korban KDRT yang membiarkan dirinya terus2an jadi korban itu bakal ketularan sakit juga, loh. Jadi saranku, itu temen dianjurkan untuk ngomong ke keluarganya. Kalo masih nggak ada titik temu, pisah udah pasti jalan terbaik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah peliknya masalah temenku ini mbak fit, keluarganya dan keluarga mertuanya ga ada yang mendukung dia. semuanya menyalahkan dia, kata mereka, gara-gara temenku melawan suami. apa ga dia tambah stres? aku aja yang dengerin ceritanya ikutan stres :(

      Hapus
  3. Viii, sereeeeem :(
    Dan aku pun tak bisa bantu kasih solusi :(

    BalasHapus
  4. semoga lekas ada jalan keluarnya :(

    BalasHapus